Home » » Berita

Berita

Written By binprin.com on Wednesday 2 December 2015 | 04:06

OJK Bersikukuh Indonesia Harus Punya Bank BUMN Syariah


OJK Ingin perkuat modal bank syariah dan membuat sebuah bank syariah milik pemerintah untuk mengembangkan pasar perbankan syariah.

Dream - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendorong pembentukan Bank Badan Usaha Milik Negara/Daerah (BUMN/BUMD) syariah. Hal ini tertulis dalam roadmap perbankan syariah tahun 2015-2019.
Dalam roadmap yang dikutip Rabu, 2 Desember 2015, tujuan pembentukan bank ini untuk mempercepat pertumbuhan pangsa pasar perbankan syariah.
Dengan adanya bank BUMN/BUMD syariah ini diharapkan bisa memasuki segmen pasar yang belum tersentuh seperti pemerintah dan BUMN/BUMD.
"Salah satu segmen yang belum optimal dimasuki perbankan syariah adalah segmen pemerintah termasuk badan usaha milik pemerintah baik pusat maupun daerah," tulis roadmap itu.
Selain itu, OJK juga mendorong agar bank induk memberikan tambahan modal untuk bank syariah miliknya, serta mendorong agar bank syariah melakukan Initial Public Offering (IPO).
"Perbankan syariah diharapkan lebih aktif menawarkan sahamnya kepada publik, khsusnya kepada investor ritel yang diperkirakan semakin bertambah seiring peningkatan kelompok masyarakat berpenghasilan menengah ke atas," tulis roadmap itu.
Selain kepemilikan publik, prioritas kepemilikan modal juga akan diberikan kepada partner strategis atau investor berkapasitas besar agar bank syariah mampu meningkatkan modalnya hingga Rp 5 triliun (BUKU 3), serta memiliki track record investasi dengan skala minimal setara yang berjalan baik di bank atau lembaga keuangan lain. (dream.co.id)
Share this article :

0 komentar :

Post a Comment

.
 
Support : Panduan Blogger
Copyright © 2016. Trend Masa Kini - All Rights Reserved
Edited by Desainer Published by Fajri Yuliansyah
powered by Blogger